Domba Garut Lulus Sertifikasi FAO

BANDUNG-Sebanyak 2.500 domba Garut telah mendapatkan sertifikat dari organisasi tanaman dan pangan dunia atau FAO. Tak hanya itu saja, domba-domba tersebut pun diberikan akta kelahirannya. Ini bertujuan untuk menghindari pengakuan dari negara lain terhadap hewan sejenis.

“Domba yang mendapat sertifikat adalah domba khas Garut. Domba itu berasal dari 23 daerah yang mengikuti lomba ketangkasan domba beberapa waktu lalu,” jelas Sekertaris Jenderal Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI) Jawa Barat, Dodi Suhadi.

Ia menjelaskan lebih lanjut, untuk mendapatkan sertifikat tersebut domba harus memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya yaitu bentuk tanduk, kesehatan, teknik bertanding, pukulan dan ketangkasan. “Yang memnuhi kriteria saja yang diberi serifikat, jadi cukup ketat persyaratannya,” ujar Dodi.

Beberapa negara, lanjutnya, selalu membeli domba Garut diantaranya Malaysia, Arab Saudi, dan Brunei. Ini dmenunjukan negara tersebut telah percaya akan kualitas domba asli garut tersebut. Bahkan, ada beberapa importir yang mengatakan kualitas domba garut yang paling jempolan di Indonesia.

Menurutnya, popullasi domba Garut saat ini di Indonesia mencapai sebanyak 4,8 Juta ekor yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Sedangkan populasinya domba Garut di Jawa Barat berjumlah sekitar 7.800 ekor.

Para pengunjukrasa ini diterima pimpinan DPRD Jawa Barat. Usai bertemu Ketua DPRD Jabar terpilih, Irvan Suryanegara, berjanji untuk memperjuangkannya. Namun ia meminta para guru untuk bersabar. “Kita punyai aturan, mekanisme dan proses jadi perlu waktu,” ujarnya dihadapan pendemo yang langsung menyorakinya.

Setelah selesai audiensi dengan anggota dewan, para guru honorer melakukan long march untuk melakukan aksinya di GedunG DPRD Kota Bandung. Para guru berharap masalah tenaga honorer ini menjadi agenda bersama antara Pemrov Jabar dan Pemkot Bandung

Sumber : Badan kordinasi pembangunan wilayah cirebon provinsi Jabar

About tunaskaryaabadifarm

new bussiness

Posted on 30 Mei 2011, in knowladge and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: