Penyakit Collibacillosis Pada Ternak Unggas

  1. Penyebab : Serotype Escheria Coli yang bersifat pathogen dan menyerang semua umur unggas. 
  2. Infeksi E Coli : Berbentuk kematian pada embrio telur tetas, infeksi kuning telur/yolk sac, omfalitis, colisepticemia, air acculitys, entritis, Infeksi saluran reproduksi, Artrithid, panoptalmitis, bursitis sternalis
  3. Kejadian Penyakit : Escheria Coli hidup didalam saluran pencernaan unggas. Kasus ditemukannya E.Coli pada air minum unggas disebabkan karena pencemaran air minum oleh faeces unggas. E Coli banyak ditemukan pada usus unggas (jejunum), bagian bawah usus (Ileum dan sekum). E.coli juga banyak ditemukan pada Trachea dan oeshopagus.
  4. Penyebab pendukung Escheria Coli dapat juga disebabkan oleh sanitasi yang buruk, desinfeksi sub optimal, sumber air minum yang tercemar kuman E.coli, system ventilasi kandang kurang memadai dan peralatan kandang tidak memenuhi syarat manajemen yang baik dan ditemukannya penyakit immunosupresif (seperti Gumboro).
  5. Etiologi : Coliboassillosis disebabkan oleh Escheria Coli yang termasuk kedalam golongan bakteri gram Negatif, tidak tahan terhadap asam, tidak membentuk spora, bentuk bervariasi, bersifat motil karena mempunya flagella (bulu getar), Oportune pathogen karena bersifat skunder karena stress atau adanya penyakit yang lain, E coli tahan hidup lama pada suhu antara 38 – 44 derajat celcius bahkan pada suhu yang lebih rendah.
  6. Cara Penularan : Penyakit Collibacillosis ditemukan pada unggas muda dan dewasa, pada lingkungan yang kurang bersih dan berdebu, pada unggas yang stress, pada kelompok unggas yang terdapat penyakit immunosupresif (gumboro dll). Escheria coli banyak ditemukan pada litter, faeces unggas, pada air minum, debu, dan lingkungan ayam tercemar E coli. Penularan penyakit melaluikontak langsung antara ayam sakit dan sehat, secara oral melalui pakan, minuman, debu, bulu ayam tercemar, saluran pernapasan yang menghirup udara yang tercemar dan kemungkinan akan terjadi infeksi pada saluran pernapasan.

About tunaskaryaabadifarm

new bussiness

Posted on 11 Juni 2011, in knowladge and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: