Atasi Anomali Cuaca, Kandang Ayam Harusnya Full AC dan Musik

suarasurabaya.net| Perubahan cuaca yang ekstrem rupanya juga dikeluhkan para peternak ayam. Inovasi pun dibuat untuk mengatasinya.

Seperti yang dikemukakan oleh ARUM SABIL Wakil Kepala Bidang Penyuluhan DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Dilatarbelakangi adanya anomali iklim, ia pun membuat kandang berkonsep close house.

Kandang itu tertutup dan dilengkapi dengan fasilitas seperti AC dan musik. Menurut ARUM, dengan kondisi kandang seperti itu, ayam tidak cepat stres sehingga tidak mudah mati.

Berbeda dengan kandang terbuka yang berpengaruh pada tajamnya fluktuasi produksi dalam hitungan hari. Karena faktor cuaca yang tidak menentu, produksi ayam dari 80 persen bisa turun menjadi 40 persen, naik lagi jadi 60 persen dan turun lagi jadi 40 persen.

"Bahkan sekarang ini, karena cuaca, angka kematian ayam bisa diatas 20 persen," kata ARUM.

Biasanya, untuk mengatasi ayam yang stres, peternak bisa memberikan suntikan antibiotik. Akibatnya, telur yang dihasilkan adalah telur antibiotik. Dalam jangka waktu lama, konsumsi telur antibiotik yang terus-menerus bisa berdampak negatif pada kecerdasan otak dan kesehatan.

"Karena itu kita membuat terobosan membuat manajemen kandang tertutup dan manajemen udara," kata ARUM.

Meski tertutup, kandang memiliki exhaust, cooling fan dan saluran udara satu pintu. Dengan begitu suhu yang terjaga bisa ideal untuk ayam yakni sekitar 26-29 derajat Celcius. Sehingga, dengan sendirinya si ayam sehat, makan lahap, tidak mengandung antibiotik yang nantinya bisa berdampak pada peningkatan produksi telur.(git)

About tunaskaryaabadifarm

new bussiness

Posted on 30 Juni 2011, in Sosial Aktif. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: